Posted on

 

Yoga adalah bentuk latihan kuno India yang membantu meningkatkan kesehatan dan Suplemen Fitness. Ini juga secara tradisional dipandang sebagai serangkaian latihan spiritual atau filosofis yang mengarahkan seseorang ke kesadaran diri yang lebih besar dan kedamaian internal. Di India dan di banyak bagian Asia, yoga digunakan sebagai sarana untuk mencapai pencerahan spiritual. Kata yoga dalam bahasa Sansekerta asli berarti mengendalikan, untuk bergabung, atau untuk bersatu. Ada berbagai jenis atau aliran yoga seperti Karma Yoga (Yoga of Action), Bhakti Yoga (Yoga of Devotion), dan Jnana Yoga (Yoga of Knowledge), dan Hatha Yoga. Setiap sekolah yoga menekankan aspek berbeda dari seni kuno.

Sebagai sarana meditasi, yoga dapat membantu seseorang meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan fungsi indera melalui berbagai postur tubuh dan teknik pernapasan. Berbagai postur tubuh yang disebut “asanas” meregangkan anggota tubuh dan tubuh. Peregangan ini membantu mengendurkan otot dan meningkatkan ketangkasan. Gerakan-gerakan ini disertai dengan pernapasan yang dalam dan terkendali yang disebut “pranayana.” Istilah pranayama berasal dari kata dasar “prana” yang berarti napas atau “kekuatan hidup”.

Sebagai disiplin spiritual, yoga menentukan keyakinan, pemikiran, dan perilaku tertentu yang harus dipraktikkan setiap hari. Bentuk yoga lain yang disebut Raja Yoga menetapkan delapan pemikiran dan praktik filosofis utama, yaitu:

1. Yama – Menghindari berbohong, mencuri, kekerasan, seks terlarang, dan materialisme.
2. Niyama – Ketaatan pada kepuasan, kemurnian, penghematan, belajar, dan menyerah kepada Tuhan.
3. Asana – Latihan postur meditasi yang teratur.
4. Pranayama – Pernapasan terkontrol sebagai alat untuk menghasilkan energi internal.
5. Pratyahara – Latihan dan “pembalikan” organ tubuh bagian dalam.
6. Dharana – Berlatih konsentrasi dengan fokus pada satu objek.
7. Dhyana – Latihan meditasi.
8. Samadhi – “penggabungan” kesadaran seseorang dengan objek meditasi.

Namun, di Barat, yoga sangat populer sebagai sarana untuk mengurangi stres dan kecemasan serta depresi. Praktisi seni mengklaim bahwa latihan yoga membantu meringankan sakit punggung bagian bawah, sakit kepala migrain, gejala radang sendi dan penyakit lainnya. Gerakan dan pose tertentu juga membantu meredakan gejala rinitis alergi dan alergi lainnya.

Sebagai bentuk manajemen stres, banyak yang menemukan yoga sangat efektif dan mudah dipelajari. Pola pernapasan memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kembali rasa rileks sambil melenturkan dan mengeluarkan keringat tubuh. Dalam menggunakan yoga untuk mengelola stres, seorang praktisi baru harus berhati-hati untuk tidak meregangkan tubuh secara berlebihan. Kunci yoga adalah melakukan gerakan lambat dan halus dengan koordinasi yang erat dengan pernapasan. Tentu saja, ada berbagai tingkat latihan yoga. Karena postur lanjutan memerlukan ketangkasan penuh, pemula hanya boleh mengikuti atau mempelajari gerakan dasar.

Beberapa selebriti yang berlatih yoga termasuk Madonna, Ricky Martin, Meg Ryan, dan Sting. Selebriti ini mampu mempertahankan tingkat Fitness yang tinggi sambil memahat tubuh mereka dalam bentuk “Hollywood”.

Dalam dunia yang begitu penuh tekanan, kerja cepat, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosi, latihan yoga harus dianggap sebagai bentuk pelatihan dan terapi fisik yang sederhana dan murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *